Salam

Ayah Bunda kelas Bumi

Adik-Adik kelas Bumi, bagaimana kabarnya hari ini? Tidak terasa ya, hari ini adalah hari ketiga Adik-Adik melakukan kegiatan belajar di rumah. Kak Dwi, Kak Sopyan, Kak Gilang dan Kak Isti senang sekali melihat laporan kegiatan yang dikirimkan melalui WhatsApp. Respon di grup WhatsApp terlihat hangat dan menggambarkan betapa bersemangatnya Adik-Adik melakukan kegiatan olahraga di dalam rumah ataupun di luar rumah. Kami ucapkan terima kasih kepada Adik-Adik yang telah melakukan aktivitas fisik dengan mengggunakan seragam olahraga dan memakai sepatu dan tetap menjaga PHBS di rumah.

Di hari ketiga kegiatan belajar di rumah, kami mengajak Adik-Adik untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga yang ada di rumah maupun keluarga yang tinggal diluar kota dalam kegiatan “Wawancara Makanan Kesukaan”. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih komunikasi Adik-Adik bersama keluarga serta menjalin silahturahmi kepada keluarga yang tinggal jarak jauh. Adik-Adik juga dapat mengetahui apa saja makanan kesukaan anggota keluarga lainnya. Alangkah baiknya bila Adik-Adik dapat tetap menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizii.

Selain itu kami mengharapkan agar Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tetap dilakukan di rumah. Kegiatan PHBS lebih diutamakan pada kegiatan enam langkah mencuci tangan dan mengkonsumsi makanan sehat, juga melakukan aktivitas fisik. Agar Adik-Adik terjaga dari penyakit/virus yang sedang mewabah saat ini.

Semoga kegiatan ini menambah pengalaman dan pengetahuan Adik-Adik dalam belajar dengan situasi dan kondisi yang berbeda. Terima kasih atas dukungan dan kerjasama Ayah Bunda.

Salam dari kami,

Kak Dwi, Kak Sopyan, Kak Gilang dan Kak Isti

Kakak Pendamping Kelas Bumi, SD Tetum Bunaya

Waktu Kegiatan

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

Kegiatan Hari Ke-3

Pra-Kegiatan
  • Bangun pagi tetap seperti pada hari sekolah
  • Salat subuh
  • Merapikan tempat tidur
  • Mandi
  • Berpakaian olahraga
  • Sarapan
  • Salat duha
  • Minum secukupnya
  • Brain Gym
  • Menunggu sapaan dari Kakak-Kakak
Materi

Wawancara Makanan Kesukaan

Kegiatan
  • Melakukan wawancara makanan kesukaan anggota keluarga yang ada di rumah, atau anggota keluarga lain yang berada di luar kota.
  • Selanjutnya, Adik-Adik dapat membuat gambar makanan dari hasil wawancara yang sudah dilakukan.

Langkah-langkahnya:

  1. Siapkan peralatan tulis yang dibutuhkan, seperti pensil, penghapus, kertas/buku, dan papan jalan.
  2. Adik-Adik membuat daftar pertanyaan yang akan ditanyakan pada anggota keluarga.
  3. Saat membuat daftar pertanyaan, Adik-Adik dapat memulai dengan pedoman pertanyaan 5 W 1 H (What, Where, When, Why, Who dan How)

    Contoh:
    What – Apa makanan kesukaan Ayah?
    Why – Apa sih yang bikin Ayah suka makanan itu?
    Where – Di mana tempat paling enak yang menyajikan makanan itu?
    Who – Siapa pembuatnya?
    When – Kapan terakhir kali mencoba?
    How – Bagaimana sih rasanya?

  4. Jika Adik-Adik melakukan wawancara dengan menggunakan telepon, Adik-Adik dapat meminta pendampingan orang tua saat berkomunikasi.
  5. Setelah hasil wawancara selesai, Adik-Adik dapat menggambar makanannya berdasarkan makanan yang disukai anggota keluarga.
  6. Hasil gambar Adik-Adik difoto dan dikirim melalui WhatsApp.
Tujuan

Melatih Adik-Adik untuk terampil berkomunikasi dan percakapan dua arah.

Penutup

Setelah selesai berkegiatan Adik-Adik merapikan peralatan, dan mencuci tangan, dilanjutkan dengan berdoa dan makan siang di meja makan.

Apabila telah selesai laporkan hasil kegiatan melalui Google Form, dan jika memungkinkan dapat disertai foto yang dapat dikirim ke WhatsApp. Semoga Adik-Adik senang mengikuti kegiatan hari ini.