Salam

Ayah Bunda kelas Bumi

Adik-Adik kelas Bumi, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga Adik-Adik dan keluarga dalam keadaan sehat walafiat. Oh iya, Kak Dwi, Kak Sopyan, Kak Gilang dan Kak Isti senang sekali melihat kiriman foto dan video hari ini. Adik-Adk terlihat menikmati saat berkomunikasi dengan keluarga ataupun anggota keluarga yang tidak serumah untuk diwawancarai. Semoga dengan adanya kegiatan wawancara ini, Adik-Adik dapat menambah pengalaman dalam berkomunikasi dan menjadi tahu makanan kesukaan anggota keluarga lainnya.

Di hari keempat kegiatan belajar di rumah, kami mengajak Adik-Adik untuk mengelompokkan bahan pangan. Kegiatan ini, merupakan kegiatan lanjutan setelah wawancara dihari Rabu. Tujuannya adalah Adik-Adik mampu mengidentifikasi bahan pangan produk teknologi pangan.

Selain itu, kami mengharapkan agar Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tetap dilakukan di rumah. Kegiatan PHBS lebih diutamakan pada kegiatan enam langkah mencuci tangan dan mengkonsumsi makanan sehat, juga melakukan aktivitas fisik. Agar Adik-Adik terjaga dari penyakit/virus yang sedang mewabah saat ini.

Semoga kegiatan ini menambah pengalaman dan pengetahuan Adik-Adik dalam belajar dengan situasi dan kondisi yang berbeda. Terima kasih atas dukungan dan kerjasama Ayah Bunda.

Salam dari kami,

Kak Dwi, Kak Sopyan, Kak Piyu, Kak Gilang dan Kak Isti

Kakak Pendamping Kelas Bumi, SD Tetum Bunaya

Waktu Kegiatan

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

Kegiatan Hari Ke-4

  • Bangun pagi tetap seperti pada hari sekolah
  • Salat subuh
  • Merapikan tempat tidur
  • Mandi
  • Sarapan
  • Salat duha
  • Minum secukupnya
  • Brain Gym
  • Menunggu sapaan dari Kakak-Kakak

Mengelompokkan bahan pangan

Adik-Adik mengelompokkan bahan makanan yang termasuk hasil dari teknologi pangan dan bahan alami berdasarkan hasil wawancara.

Langkah-langkah :

  1. Adik-Adik menyiapkan alat tulis yang diperlukan.
  2. Adik-Adik menyiapkan hasil wawancara mengenai jenis-jenis makanan kesukaan anggota keluarga yang telah dilakukan hari sebelumnya.
  3. Berdasarkan hasil wawancara, Adik-Adik membuat poster berjudul “Makanan Favorit Keluargaku”. Di dalam poster, buat pengelompokan, yaitu “Teknologi Pangan” dan “Alami”. Bahan poster dari karton/kardus/kertas. Ukuran poster bebas. Kira-kira seukuran dengan tubuh bagian atas Adik-Adik.
  4. Selanjutnya, Adik-Adik menceritakan kembali dalam bentuk video mengenai salah satu jenis makanan hasil teknologi pangan. Misalnya, Nenek suka makan roti. Kita cari cari tahu bahan dasar roti dari apa, cara pengolahannya bagaimana dan di mana bisa mendapatkan makanan tersebut.

Adik mampu mengidentifikan bahan pangan produk teknologi pangan.

Video berikut ini mengenai barang-barang hasil perkembangan teknologi pangan, diantaranya ada tempe.

 

Terbuat apa kue ulang tahunmu? Bahan pangan olahan teknologi pangan, atau bahan pangan asli?

Kak Endah membacakan cerita tentang kue ulang tahun yang berbeda.

Setelah selesai berkegiatan Adik-Adik merapikan peralatan, dan mencuci tangan, dilanjutkan dengan berdoa dan makan siang di meja makan.

Apabila telah selesai laporkan hasil kegiatan melalui Google Form, dan jika memungkinkan dapat disertai foto yang dapat dikirim ke WhatsApp. Semoga Adik-Adik senang mengikuti kegiatan hari ini.