Salam

Ayah Bunda kelas Bumi

Bagaimana kegiatan hari pertama yang dilakukan di rumah? semoga menyenangkan dan tetap semangat ya untuk kegiatan berikutnya. Adik-Adik kelas Bumi, kami senang sekali melihat antusias Adik-Adik saat berkegiatan di rumah bersama Ayah/Bunda. Seperti mengamati isi kulkas serta menyebutkan bahan pangan apa yang merupakan hasil teknologi pangan, dan yang bukan. Respon di grup WhatsApp menggambarkan betapa bersemangatnya Adik-Adik melakukan kegiatan belajar hari pertama di rumah. Terima kasih Adik-Adik telah melakukannya dengan semangat dan tetap menjaga PHBS di rumah. 

Di hari kedua kegiatan belajar di rumah. Kami mengajak Adik-Adik untuk melakukan kegiatan seperti yang dilakukan di sekolah yaitu aktifitas fisik. Dengan tema perkembangan teknologi, kegiatan ini bertujuan untuk menyeimbangkan asupan makanan dengan aktivitas fisik yang sudah Adik-Adik lakukan. Pada aktivitas fisik hari ini, Adik-Adik menggunakan pakaian olahraga dan dapat melakukan kegiatan di luar ataupun di dalam ruangan selama 30 menit. Penggunaan alas kaki pun dapat menyesuaikan dengan kondisi ruangan.

Selain itu kami mengharapkan agar Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tetap dilakukan di rumah. Kegiatan PHBS lebih diutamakan pada kegiatan enam langkah mencuci tangan dan mengkonsumsi makanan sehat, juga melakukan aktivitas fisik. Agar Adik-Adik terjaga dari penyakit/virus yang sedang mewabah saat ini.

Semoga kegiatan ini menambah pengalaman dan pengetahuan Adik-Adik dalam belajar dengan situasi dan kondisi yang berbeda.  Terima kasih atas dukungan dan kerjasama Ayah Bunda.

Salam dari kami,

Kak Dwi, Kak Sopyan, Kak Gilang, Kak Piyu dan Kak Isti

Kakak Pendamping Kelas Bumi, SD Tetum Bunaya

Hari/Tanggal

Waktu Kegiatan

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

Kegiatan Hari Ke-2

Pra-kegiatan
  • Bangun pagi tetap seperti pada hari sekolah
  • Salat subuh
  • Merapikan tempat tidur
  • Mandi
  • Berpakaian olahraga
  • Sarapan
  • Salat duha
  • Minum secukupnya
  • Brain Gym
  • Menunggu sapaan dari Kakak-Kakak
Materi

Aktivitas Fisik

Kegiatan
  • Melakukan pemanasan terlebih dahulu selama lima menit
  • Selanjutnya Adik-Adik dapat melakukan gerakan berdiri dengan salah satu kaki dijulurkan ke depan.

Langkah-langkahnya: Pertama-tama berdiri tegak kedua kaki terbuka. Angkat kaki kiri dengan lutut di tekuk. Kedua tangan memegang lutut kaki yang di angkat. Tahan selama beberapa saat. Kembali ke sikap semula. Lakukan secara bergantian dengan kaki kiri.

  • Dilanjutkan dengan gerakan menyerupai pesawat terbang.

Langkah-langkahnya: Berdiri tegak, kemudian kedua tangan direntangkan ke samping. Angkat kaki kanan lurus ke belakang dengan kaki kiri sebagai tumpuan. Secara bersamaan badan di bungkukan ke depan hingga lurus dengan kaki kanan pertahankan beberapa saat. Usahakan antara kepala, badan, dan kaki yang di angkat berada pada posisi sejajar dan lurus. Kembali ke sikap semula. Lakukan secara bergantian dengan kaki kiri.

  • Setelah melakukan gerakan mengankat satu kaki dan gerakan menyerupai pesawat terbang. Lalu dilanjutkan dengan duduk mengangkat kedua kaki.

Langkah-langkahnya: Duduk selonjor kedua kaki lurus dan rapat. Kedua tangan memegang paha. Angkat kedua kaki ke atas perlahan-lahan. Tahan selama beberapa saat. Kembali ke sikap semula. Lakukan secara berulang-ulang.

  • Diakhiri dengan gerakan peregangan
  • Setelah melakukan aktivitas fisik selama 30 menit, Adik-Adik dapat menuliskan perasaannya dalam bentuk cerita bergambar dan diakhiri dengan menulis jurnal.
Tujuan

Melatih Adik-Adik  menjaga keseimbangan badan posisi berdiri, keseimbangan tubuh dan titik berat badan dan keseimbangan punggung dan kaki.

Refrensi

Kegiatan yang dilakukan Kakak

Penutup

Setelah selesai berkegiatan Adik-Adik merapikan peralatan, dan mencuci tangan, dilanjutkan dengan berdoa dan makan siang di meja makan.

Apabila telah selesai laporkan hasil kegiatan melalui Google Form, dan jika memungkinkan dapat disertai foto yang dapat dikirim ke WhatsApp. Semoga Adik-Adik senang mengikuti kegiatan hari ini.